Selasa, 15 Januari 2013

Tips Hemat Saat Berbelanja

      Apakah anda seorang Shopaholic??? hemmmm,,,,hari gini siapa yang tidak suka dengan aktifitas ini. Pasti temen-temen juga suka belanja kan?:D. Belanja salah satu aktivitas yang paling menyenangkan.Tetapi, belanja bisa membuat kita jadi boros.Nah biar ga boros dalam berbelanja ada baiknya nih temen-temen intip tips-tips untuk mengatasi sikap boros tersebut. Ini dia beberapa langkah bagi kamu yang boros:

1. Uang tunai adalah batas pengeluaranmu
Untuk mengurangi hal-hal boros adalah dengan membatasi uang tunai yang kamu pegang. Jangan biasakan membawa uang tunai berlebihan dalam dompet. Apalagi kalau suka jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Simpan kartu ATM dan kartu kredit dalam dompet terpisah. Bawa dompet berisi uang tunai dalam jumlah terbatas jika kamu memang berniat hanya jalan-jalan. Kalau kamu memang niat belanja, tulis dulu kebutuhannya dan bawa uang secukupnya. Kamu tetap dapat membawa kartu kredit selama bisa patuh pada daftar belanja kamu.

2. Menabung dulu baru belanja
Sebetulnya, sering belanja tidak ada masalah kalau tidak mengorbankan dana tabungan atau investasi untuk masa depan. Karenanya, pastikan kegiatan belanja kamu tidak mengganggu kebutuhan kamu untuk menabung. Langkahnya sederhana saja, setiap bulan, pastikan Anda menabung dulu, baru berbelanja.

3. Belanja yang produktif
Kalau kamu gemar belanja, sebetulnya kepuasannya terletak bukan pada “memiliki” sebuah barang, tetapi kepuasannya terletak pada “membeli” barang tersebut. Jadi, bisa juga kamu “manipulasi” perasaan puas tadi dengan membeli hal lain yang produktif. Alih-alih membeli pakaian, akan lebih produktif membeli perhiasan emas. Setidaknya harganya emasnya masih akan tetap naik dan tidak ada istilah emas bekas sebagaimana pakaian bekas yang tidak ada harganya. Kamu bahkan bisa juga menggunakan kata belanja untuk menabung. Misalnya, belanja reksadana, belanja saham, belanja emas, belanja deposito, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu bisa tetap bersenang-senang belanja dan aset kamu pun makin produktif.
     
Selamat Mencoba tips diatas ya semoga manfaat,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar